Dihadapan Warga Persatuan Sejati, Anwar Hafid Berjanji Kurangi Angka Pengangguran Sulteng

- Politik - 9 Oktober 2024

Parimo – Pasangan calon (Paslon) gubernur Sulawesi Tengah nomor urut 2, Dr. Anwar Hafid,M.Si – dr. Reny A Lamadjido, M.Kes Dimata ketua panitia kampanye terbatas Anis mengatakan kedatangan Anwar Hafid di Desa Persatuan Sejati akan lebih baik dan besar.

Sebab Anwar Hafid punya pengalaman dan sukses mengantarkan Morowali menjadi peringkat ke 4 di Indonesia dalam pendapatan daerah terbaik dimasa kepemimpinannya 2 periode.

“Terus terang saya tidak pernah berorasi didepan orang banyak seperti ini,tapi untuk desa, maka saya Harus BERANI berbicara,”tegas Anis di hadapan Anwar Hafid dan ratusan masyarakat.

Harapan Anis pasangan Anwar Reny dapat bekerja semaksimal mungkin untuk Sulteng dengan pengalaman mengelola pemerintahan dan pembangunan.

Sementara itu calon Gubernur usungan partai Demokrat, PBB dan PKS Anwar Hafid dalam Orasinya menyempatkan diri memperkenalkan calon wakil Gubernurnya Reny Lamadjido tidak lain anak mendiang Gubernur Sulteng Abdul Azis Lamadjido.

Anwar Hafid juga memperkenalkan diri dan memaparkan pengalamannya duduk di pemerintahan yang berawal dari menjabat sebagai kepala desa selama 7 tahun, sekcam 1 tahun, camat 5 tahun dan Bupati 2 periode serta anggota DPR RI memasuki periode ke 2.

Namun rela meninggalkan jabatan empung sebagai anggota DPR RI dengan pendapatan cukup besar, demi lebih dekat dengan rakyat dan membangun wilayah Sulteng lebih baik kedepan.

Dalam orasi kampanyenya BERANI (BERSAMA ANWAR – RENI/Y) memperkenalkan 9 Program andalannya diantaranya Sulteng NAMBASO yang diurai menjadi BERANI Cerdas dan BERANI Sehat serta membuka lapangan kerja bagi tamatan SMA/SMK dan Sarjana yang sedang menganggur.

“Kalau saya terpilih jadi Gubernur Sulteng, jangan ragu, saya mantan kepala desa, camat, asisten 1 pemerintahan dan bupati 2 periode, sehingga lebih banyak tau keluhan masyarakat dan berpengalaman mengatasinya,”kata Anwar Hafid meyakinkan ratusan masyarakat di desa itu.

Berani Cerdas, Sehat dan mencarikan lapangan kerja bagi sarjana yang sedang menganggur di desa, menjadi favorit masyarakat desa persatuan sejati.

Anwar Hafid mengatakan sekarang pengangguran di Sulteng kurang lebih 400 ribu jiwa dan itu tugas pasangan BERANI untuk mengurangi pengangguran di Sulteng jika terpilih jadi Gubernur dan wakil Gubernur.

“Meski sudah menyelesaikan sekolah setaraf sarjana namun belum mendapatkan pekerjaan, maka Itulah tugas BERANI memberikan keterampilan dan mencarikan pekerjaan bagi anak-anak kita agar dapat mengurangi tingkat pengangguran di sulteng,”tegas Anwar Hafid.

Diakhir Orasinya paslon nomor urut 2 berharap dihadapan ratusan warga Desa Persatuan Sejati agar pada tanggal 27 November 2024 untuk memilih nomor Urut 2 Anwar – Reny.

Memasuki sesi pertanyaan warga berharap paslon nomor 2 bisa mengatasi peredaran Narkoba, sebab narkoba merusak tatanan masyarakat, khususnya bagi anak-anak muda di desa.

Menyikapi pertanyaan warga, Anwar Hafid mengatakan faktor terjadinya maraknya Narkoba di daerah ini, disebabkan kurangnya program tenaga kerja, sehingga menimbulkan pengangguran membuat kalangan muda ingin mendapatkan uang dengan cara praktis.

Dalam kampanye terbatas itu Anwar Hafid menjelaskan 9 program andalan BERANI (BERSAMA ANWAR – RENI/) yakni :

BERANI Cerdas: Program ini diberi nama NAMBASO (Anak Miskin Bisa Sekolah), dari SMA sampai perguruan tinggi dengan biaya uang kuliah tunggal (UKT) minimal Rp, 5,000,000 (Lima Juta Rupiah pertahun). Dan yang tidak mau kuliah akan dididik dalam pelatihan keterampilan di balai latihan kerja (BLK) bertaraf Internasional serta dicarikan pekerjaan oleh pemerintah Provinsi Sulteng.

BERANI Sehat: Program ini mengutamakan peningkatan layanan kesehatan gratis hanya dengan KTP untuk pasien kelas III, apapun latar belakang sosial ekonominya.

BERANI Lancar: Program Ini berfokus pada peningkatan infrastruktur transportasi. Setiap tahun diprogramkan pembangunan jalan 200 km. Sehingga dalam 5 tahun totalnya 1.000 km.

BERANI Menyala: Program ini berupaya untuk pemerataan distribusi listrik, mengatasi kesenjangan pasokan listrik di Sulawesi Tengah.

BERANI Berdering: Mendorong pemerataan jaringan operator telekomunikasi yang berhubungan dengan jaringan internet.

BERANI Murah: Program ini bertujuan untuk pemerataan harga sembako lebih terjangkau atau lebih murah bagi masyarakat.

BERANI Berkah: Sulteng mengaji dan Sulteng Berjamaah diharapkan bisa membawa keberkahan bagi daerah.

BERANI Panen Raya: Ini Fokus pada kepastian pasokan pupuk yang stabil bagi petani, sehingga menghasilkan panen yang berlimpah.

BERANI Tangkap Banyak: Program ini menyasar para nelayan yang kesulitan melaut, termasuk untuk memastikan tidak lagi terjadi BBM langka BBM bagi nelayan.**